Rumah dengan lahan tak beraturan di Cibinong Bogor


Cibinong merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Daerah ini merupakan daerah yang sedang berkembang cukup pesat, dengan dibangunnya Stadion di Pakansari dan Cibinong City Mall, laju perekonomian di daerah ini semakin menggeliat. Cibinong juga merupakan kota transisi antara Jakarta dengan Bogor, jalur yang cukup ramai untuk di jadikan sebagai area tempat tinggal ataupun untuk mengembangkan usaha.

Lokasi desain rumah yang kita bahas kali ini berada di daerah Cibinong, dengan bentuk lahan yang tidak beraturan. Bagian muka rumah ini cukup sempit, bagian belakang lebih lebar, sementara di area samping merupakan bidang miring. Bentuk seperti ini merupakan bentuk yang cukup sulit untuk diolah, namun hal ini justru merupakan tantangan yang menarik untuk dipecahkan.

denah rumah lahan tak beraturan

Hal pertama yang saya lakukan adalah dengan membuat prioritas, dimana area sisi kiri merupakan daerah yang sulit diolah sehingga dijadikan sebagai area terbuka atau taman. Area ini juga berfungsi sebagai paru paru utama rumah, dimana pintu sliding yang cukup bersar digunakan sebagai konektor antara ruang keluarga dengan area terbuka ini, pada saat siang hari pintu ini bisa dibuka lebar, sehingga udara segar yang masuk ke dalam rumah akan menjadi optimal.

Karena ukuran lahan yang tidak begitu lebar, rumah ini hanya didesain dengan dua buah kamar tidur, dimana masing masing kamar tidur dibuat memiliki akses udara lewat jendela yang terhubung keluar. Area belakang dibuat sebagai ruang cuci dan ruang jemur, area kotor dikelompokkan menjadi satu zona di sisi atas.

Tampak depan rumah di Cibinong

Tampak depan rumah ini didesain dengan konsep minimalis, komposisi warna utama hitam putih. Warna natural terlihat sebagai aksen yang digunakan pada area pintu utama dan jendela depan rumah. Halaman depan cukup luas dibiarkan menjadi area terbuka, untuk kedepan bisa dikembangkan menjadi ruangan lain jika dirasa perlu.

Leave a comment