Desain Backdrop dan Meja Resepsionis di Pusat Komputer UNY


Dalam sebuah bangunan perkantoran atau komersial, area resepsionis merupakan ruangan yang memiliki fungsi cukup penting. Area ini seperti ruang  tamu dalam sebuah rumah tinggal, berfungsi untuk tempat pertama untuk menerima tamu, klien, atau pelanggan. Disinilah pertama kali pengunjung pertama kali berinteraksi dengan kantor yang kita kelola.

Sudah sepantasnya desain ruangan pada area resepsionis kita buat dengan semaksimal mungkin, karena di ruangan ini kesan pertama klien muncul yang selanjutnya akan berpengaruh pada persepsi mereka terhadap usaha yang kita kelola. Dengan desain yang maksimal harapannya klien atau pengunjung akan puas dengan pelayanan kita, sehingga dalam jangka panjang usaha kita akan semakin maju dan berkembang.

Backdrop resepsionis area UNY

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang proyek lama yaitu desain interior sebuah resepsionis area di UPT Pusat Komputer Universitas Yogyakarta. Pada saat itu gedung ini belum mempunyai ruangan resepsionis, sehingga pengunjung yang belum terbiasa memasuki gedung ini akan kebingungan mencari ruangan yang dicari dan memahami bagaimana prosedur jika hendak menyelesaikan sebuah urusan.

Pada lantai satu hanya terdapat ruangan ini yang masih kosong, aula serta gudang. Area layanan terdapat di lantai dua, hal ini membuat pengunjung yang kebanyakan adalah mahasiswa akan kesulitan mengakses bangunan ini. Atas dasar permasalahan di atas maka timbul gagasan untuk membuat area respensionis, agar pelayanan terhadap mahasiswa menjadi lebih baik.

Meja resepsionis UNY tampak depan

Item utama dalam ruang resepsionis ini adalah meja dan backdrop. Meja mempunyai lebar 3.5 meter, mampu untuk menampung tiga orang dengan dua buah CPU / komputer. Meja ini dibuat dengan dua ketinggian yang berbeda, satu sisi dengan ketinggian 75cm untuk area berkomunikasi antara resepsionis dengan pengguna, satu lagi dibuat lebih tinggi untuk mewadahi aktivitas mahasiswa menyiapkan berkas dan sebagai alas untuk menulis jika diperlukan.

Meja resepsionis UNY tampak belakang

Area belakang meja ini didesain sedemikian rupa sehinga mampu mengakomodasi tiga orang di belakan meja. Raknya dibuat bervariasi agar mampu ditempati item item yang diperlukan, casing komputer dan beberapa rak untuk menyimpan arsip atau berkas. Bahan yang digunakan dalam pembuatan meja ini adalah blockboard dengan dilapisi HPL ( High Pressure Laminated ), yaitu lapisan yang berbahan plastik dengan motif kayu. Alasan pemilihan bahan ini adalah karena harganya yang lebih murah dibanding dengan menggunakan bahan kayu solid, dimana saat ini kayu solid dengan kualitas bagus harganya cukup mahal.

Gambar detil backdrop CADGambar potongan backdrop PUSKOM UNY

Kunjungi website jasa arsitek desain rumah mewah online di arsidipa.com. Desain backdrop pada area resepsionis ini menyesuaikan dengan kondisi eksisting ruangan tersebut. Terdapat dua buah ring balk beton pada sisi atas, hal ini dimanfaatkan untuk tumpuan backdrop yang mana akan menghemat biaya konstruksi. Bahan yang digunakan adalah MDF dan finishing HPL, beberapa area menggunakan finishing cat duco. Bahan dan motif dibuat serasi dengan meja resepsionis agar tercipta keserasian dalam ruangan.

Leave a comment