Desain Interior Klasik


Desain interior klasik yang akan kita bahas kali ini adalah lanjutan dari pembahasan kermarin tentang arsitektur klasik dalam study eksterior. Sebelumnya saya ucapkan selamat datang kembali di blog saya Setyabudi Arsitek, semoga keluarga anda selalu dalam kebahagiaan. Sebagai pembuka saya persembahkan sebuah video animasi arsitektural. untuk interiornya dapat anda saksikan pada detik ke 54.

Denah Hotel Arsitektur Klasik Lantai 1
Denah Lantai 1

Kita mulai dengan pembahasan denahnya. Fungsi utama dari bangunan ini adalah sebagai restoran dan hotel. Denah lantai 1 nya dapat anda lihat pada gambar dibawah ini. Sayap bangunan kiri dan kanan merupakan area makan dengan konfigurasi tempat duduk yang variatif. Untuk area tengah dimanfaatkan sebagai area sirkulasi yang bersifat semi publik, beberapa sisi dimanfaatkan sebagai ruang tunggu.

desain interior klasik sponsored by arsitek jogja setyabudi arsitek (10)
Lobby

Area lobby utama merupakan pusat akses ke segala ruang. Koridor ke kiri merupakan akses ke area ruang makan, koridor ke kanan merupakan akses ke ruang tunggu dan bar. Pada area ini juga terdapat akses ke lantai dua dan lantai dasar. Material yang digunakan dominant memakai elemen kayu profil. Wallpaper juga tampak merupakan unsur dominan pada ruangan ini.

desain interior klasik sponsored by arsitek jogja setyabudi arsitek (8)
Ruang Tunggu

Untuk area ruang tunggu desainnya cukup unik dengan penempatan lampu klasik yang cukup eye catching. Dengan kursi merah sebagai aksentuasinya ruangan ini terlihat hangat untuk di singgahi para tamu.

desain interior klasik sponsored by arsitek jogja setyabudi arsitek (5)
Ruang Makan 1
desain interior klasik sponsored by arsitek jogja setyabudi arsitek (6)
Ruang Makan 2

Gambar diatas adalah ruang makan pada area saya sebelah kiri. Dengan kombinasi warna background hijau putih, dan warna akses merah pada kursi kursinya. Penggunaan lampu hias yang unik dan taplak kain berwarna putih membuat ruangan ini kental sekali nuansa klasiknya. Mungkin bisa anda jadikan inspirasi untuk di aplikasikan pada rumah klasik anda.

Gambar ini adalah view lain dari ruang makan disayap kiri, komposisinya rata rata sama pada semua sisinya, kombinasi warna hijau, merah, dan putih nya dengan motif walpaper.

desain interior klasik sponsored by arsitek jogja setyabudi arsitek (7)
Ruang Makan 3

Pada area ini terdapat pula ruang makan yang sifatnya agak prifat. Mungkin untuk tamu yang menginginkan sedikit privasi bisa memilih ruang ini sebagai area makan sambil ngobrol dengan kolega dekat atau mungkin keluarga tercinta.

desain interior klasik sponsored by arsitek jogja setyabudi arsitek (4)
Ruang Dansa

Ok kita beralih ke sayap kanan tapi masih di lantai 1. Terdapat area tunggu yang cukup besar pada ruangan ini. Ada piano kasiknya pada pojok ruang. Mungkin dipakai pada saat ada event event tertentu, tentu sangat romantis ketika kita bersantai di bar dengan di iringi musik klasik. Prediksi saya ini juga dipakai sebagai ruang dansa, karena ruang ini cukup luas dan tidak ada perabotnya / sedikit sekali.

desain interior klasik sponsored by arsitek jogja setyabudi arsitek (3)
Bar

Kita sampai di area bar, pada ruangan ini warna hijau lebih dominan dibanding ruangan lainnya. Mungkin karena nuansa tenang lebih diutamakan. Untuk lighting nya mirip seperti ruangan lainnya. Pnegunaan warna merah hanya sedikit sekali.

Denah Hotel Arsitektur Klasik Lantai 2
Denah lantai 2
Denah Hotel Arsitektur Klasik Lantai 3
Denah Lantai 3

Selanjutnya kita beralih ke lantai 2. Ruangan ini digunakan sebagian besar sebagai ruang tidur. Untuk lantai 3 juga sama mayoritas adalah ruang tidur dengan beberapa ruangan penunjang.

desain interior klasik sponsored by arsitek jogja setyabudi arsitek (9)
Koridor

Koridor pada lantai 2 menggunakan motif dominant bunga dan karpet hijau. Bentuk plafon nya juga cukup unik yaitu memakai profil kayu dan lampu nya yang unik. Penggunaan unsur kayu juga cukup banyak, mungkin dari sisi durabilitas kayu lebih tahan untuk ditempatkan di area area yang sering tekena benturan karena ruangan ini adalah ruang sirkulasi.

desain interior klasik sponsored by arsitek jogja setyabudi arsitek (1)

Tangga pada bangunan ini terdapat ditengah, area ini merupakan akses vertikal utama. Mungkin si perencana lupa memberi tangga darurat karena cukup rawan jika pada saat terjadi kebakaran atau bencana lainnya. Coba anda bayangkan jika area yang terbakar adalah area tangga utama ini, tidak ada area evakuasi pada area lantai dua dan tiga. yah mungkin cuma lupa saja si arsitek.

desain interior klasik sponsored by arsitek jogja setyabudi arsitek (2)

Untuk desain interior kamar tidurnya, saya cuma ambil contoh satu desain. Kamar tidur ini terletak pada lantai 3, bentuk jendelannya mengikuti pada bentuk eksteriornya, tapi malah menghasilkan bentuk yang unik. Penggunaan unsur kayu cukup banyak.

Sekian dulu posting dari saya, semoga kebahaiaan selalu menyertai keluarga anda. Terimakasih pada Daniel Pupen yang telah men share karyanya sehingga kita bisa mempelajarinya.

Salam,

Setyabudi Arsitek


3 thoughts on “Desain Interior Klasik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s