Arsitektur Klasik – study eksterior


Arsitektur klasik tetap mempunyai fans tersendiri, meskipun saat ini trend arsitektur minimalis tergolong masih paling populer. Kali ini setyabudi arsitek akan membahas langgam arsitektur klasik dengan media video walk trough architecture, dan beberapa image. Kita buka dengan video animasi arsitektural yang kebetulan sudah saya upload di youtube, selamat menyaksikan🙂

arsitektur klasik - classic building architecture (9)

Pada halaman depan bangunan ini terdapat pergola dengan style arsitektur seirama dengan bangunan induk. Pergola ini berfungsi sebagai tempat santai yang sangat nyaman. Di kelilingi oleh pepohonan disekitarnya membuat suasana sejuk dan sangat nyaman untuk ditempati bersama keluarga atau mungkin sebagai tempatngobrol dengan pujaan hati anda.

arsitektur klasik - classic building architecture (7)
arsitektur klasik - classic building architecture (8)

Setelah melewati pergola kita sampai dibangunan induk, seperti istana dengan hamparan taman di lahan yang luas, bangunan ini tampak kesan megah dan kemewahannya. Jika anda mempunyai lahan yang cukup luas, mungkin desain arsitektural ini dapat anda pakai sebagai salah satu referensi untuk rumah / villa idaman anda.

arsitektur klasik - classic building architecture (6)

Sebelum memasuki area pintu utama, terdapat taman yang menyatu dengan bangunan. Bentuk desain arsitkturalnya sangat khas ciri klasiknya, dengan pengulangan bentuk lengkung dan kombinasi tanaman seolah adalah ucapan selamat datang yang sangat romatis.

arsitektur klasik - classic building architecture (5)

Ok kita menaiki tangga menuju area main entrance. Penempatan area tangga pada kanan kiri bangunan, mungkin sudah menjadi ciri khas bangunan klasik pada umumnya dengan mengutamakan kemegahan, lux, dan mewah daripada kemudahan akses.

arsitektur klasik - classic building architecture (4)

Desain pintu area pintu masuk utama bangunan klasik ini masih berundak lagi, seolah tersirat bahwa tempat ini adalah tempat yang mempunyai kelas, lebih tinggi dibanding area sekitarnya. Mungkin bisa di konotasikan sombong, tapi kesan megah memang kadang memakai teknik seperti ini untuk dimunculkan.

arsitektur_klasik (14)

Gambar diatas adalah view dengan perspektif mata burung pada area pintu utama. Diatas pintu utama terdapat balkon yang sangat indah untuk digunakan mungkin sebagai tempat untuk mencari inspirasi, menghabiskan waktu sore anda, atau mungkin sekedar ngobrol dengan pasangan anda.

arsitektur klasik - classic building architecture (3)

Pokok bahasan kila kali ini adalah Arsitektur klasik dalam study eksterior, maka yang akan dibahas adalah arsitektur luar nya saja, kita tidak akan masuk kedalam. Bentuk jendela di atas yang merupakan pengulangan kotak dengan grid tertentu sering kita jumpai dalam bangunan klasik eropa dan bangunan pada era kolonial juga sering menggunakan pola jendela ini.

arsitektur klasik - classic building architecture (2)

Gambar diatas adalah desain arsitektural dari jendela pada sayap kanan depan bangunan. Detailnya sangat unik, dengan konfigurasi bentuk utama kotak dan lingkaran.

arsitektur_klasik (13)

Untuk balkon di sayap belakang desainnya agak berbeda, pada jendela di lantai 3 tidak memakai shading seperti di area depan. tapi agak maju untuk lantainya. Untuk balkon di lantai 2 nya hampir sama dengan sisi depan, hanya berbeda pada penempatan pintunya.

arsitektur_klasik (16)

Desain pintu belakang dibuat megah juga, mengingat area parkir tamu adalah dibelakang dengan peletakan pintu doble dua lapis. Pola kaca patri dan garis garis profil nya mirip dengan pintu di area depan.

arsitektur klasik - classic building architecture (1)

Untuk bentuk atapnya cukup tidak beraturan, dengan analisis bentuk pada bahasan diatas saya mengambil kesimpulan bahwa langgam arsitektur yang dipakai adalah Shingle Style Architecture, yang biasanya dipakai pada keluarga besar dengan frekuensi kunjungan tamu yang cukup sering.

arsitektur_klasik (17)

Bentuk atap dengan permainan ketinggian yang bervarisasi, penggunaan balkon lengkung dan pintu jendela yang tidak terlalu banyak ornament merupakan ciri khas dari arsitektur ini.

Sekian dulu posting dari saya, terimakasih kepada Daniel Pupen atas 3d modelnya, Kevin McLeod untuk musicnya yang indah, Johann Pachelbel untuk Cannon in D nya yang legendaris, Mohon maaf jika ada kelasahan dalam tulisan saya, Classic Forever…

Salam,

Setyabudi Arsitek.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s