Desain Interior Laundry Minimalis Melia Laundy


Setelah kemarin kita membahas karya arsitek lain, kali ini yang akan dibahas adalah karya saya sendiri. Project ini berjalan sekitar tahun 2010, dimana waktu itu pihak Melia yang berkantor di daerah Janti, Jogja mendapatkan partner franchise yang lain dari bisanya, sehingga memerlukan desainer luar untuk menghandle nya.

desiain interior laundry minimalis - Melia Laundry (1)

Gambar diatas merukapandesain interior lobby depan yang difungsikan sebagai penerima tamu, karena ruangananya cukup sempit maka beberapa fungsi yang diwadahi hanya fungsi yang penting,

–          Penerima konsumen dimana fungsi yang diwadahi adalah memasukan cucian, mengambil cucian, melakukan pembayaran. Area sebalah kanan ada tempat duduk difungsikan kalau ada konsumen yang harus menunggu antrian atau karena faktor lainnya.

desiain interior laundry minimalis - Melia Laundry (3)

–          Gantungan baju disebeleah kanan selain difungsikan sebagai penegas bahwa ruang ini adalah loundry and dry cleaning. Selain itu juga sebagai display untuk menunjukan bahwa Melia aktif aktivitasnya dalam melayani konsumen.

–          Pada dinding sebelah kiri terdapat piagam yang dipasang yang ditata sedemikian rupa untuk menunjukan bahwa Melia memiliki reputasi yang bagus dengan terbukti telah meraih penghargaan dalam berbagai bidang.

–          Warna yang dominan adalah orange, untuk menunjukan kesan fresh pada ruangan ini. Penggunaan warna dasar lain adalah putih untuk menunjukan kesan bersih. Sebagai aksentuasi, tedapart logo Melia pada kaca untuk menunjukan branded.

desiain interior laundry minimalis - Melia Laundry (2)

Bangunan ini terdiri dari 2 lantai, dimana lantai 2 di fungsikan sebagai ruangan pencucian. Mohon maaf gambar lantai 2 tidak saya share karena menyangkut privasi. Di belakang lobby dipakai sebagai ruang setrika. Ruang ini juga dipakai sebari ruang show up untuk menunjukan aktivitas namun hanya semi terekspose karena batas antara lobby dengan ruang seterika menggunakan kaca es.

desiain interior laundry minimalis - Melia Laundry (4)

Untuk ruang seterika ini yang paling penting dipertimbangkan adalah penempatan peralatannya, karena menyangkut produktifitas, penataan alat alatnya sedemikian rupa sehingga aktivitas di dalamnya dapat berjalan secara optimal.

desiain interior laundry minimalis - Melia Laundry (5)

Konsep warna yang dipakai selaras dengan ruang lobby, warna dengan unsur kuat adalah orange, dengan putih dipakai sebagai warna yang netral.

Ok demikian posting dari saya, semoga bermanfaat.

Salam,

Setya budi


One thought on “Desain Interior Laundry Minimalis Melia Laundy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s