Arsitektur Jogja desain plaza ISI Yogyakarta


Halo pengunjung setia Sety4budi.wordpress.com selamat datang kembali di blog saya. Sebuah blog yang berisi tentang arsitek, desain interior jogja. Setelah beberapa saat vacum. kini saya coba meramaikan kembali dunia arsitektur Indonesia, mohon dukungannya🙂.

Kali ini saya akan membahas tentang Desain Plaza Arsitektur Jogja ISI Yogyakarta, project ini saya kerjakan bersama team dari CV Cipta Reka Griya Jogja.

arsitek jogja ISI Yogyakarta (10)
arsitek jogja ISI Yogyakarta (10)

Project ini di fokuskan pada penataan dan pemeliharaan pada area taman di sebelah selatan. Kondisi eksisting terlihat tidak terurus karena banyaknya tumpukan sampah dan bagian pedestrian yang belum tertata dengan baik.

arsitek jogja ISI Yogyakarta (2)
arsitek jogja ISI Yogyakarta (2)

Konsep bundaran dipakai sebagai ruang komunal adalah karena adanya 2 kantin di sayap selatan. Dengan adanya sebuah plaza yang juga difungsikan sebagai stage pada saat ada pertunjukan atau show dari para mahasiswa.

arsitek jogja ISI Yogyakarta (1)
arsitek jogja ISI Yogyakarta (1)

Bagian tengah plaza tedapat sebuah kanopy yang berfunsi sebagai peneduh pada waktu siang. Bentuknya dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat menyatu dengan bentuk linkaran pada plaza dan menyatu dengan vegetasi di sekitarnya.

arsitek jogja ISI Yogyakarta (7)
arsitek jogja ISI Yogyakarta (7)

Untuk menghubungkan area gedung seni tari dan plaza terdapat selasar terbuka area sekitar berupa taman dengan penambahan vegetasi dan tetap menjaga kondisi eksisting.

arsitek jogja ISI Yogyakarta (9)
arsitek jogja ISI Yogyakarta (9)

11 thoughts on “Arsitektur Jogja desain plaza ISI Yogyakarta

      1. kalau di Jakarta ada sistem arsitek, kontraktor, notaris dan agen untuk bekerjasama membentuk group development, tidak hanya satu di masing- masing tapi beberapa atau bisa juga 2 orang saja. mereka membuat site plan, RAB, dan profit , kemudian bekerjasama dengan pemilik tanah dan kemudian mencari investor… hampir seperti EO begitu…

        Like

      2. oh grup seperti itu mengerti saya, belum saya pak. Di jogja ada juga, tapi belum tahu bagaimna seluk beluknya. Btw terimasih infonya, mungkin bagus juga untuk d coba.

        Like

      3. kl gambaran pembagian tugas sprt aku sebagai investor seeker, negotiation dan land seeker … kalau Setya lebih ke design gambar dan RAB… seperti begitu… kl untuk share hasil bisa dirundingkan lagi…

        Like

      4. Kalau memungkinkan situasinya nanti saya kabari mas, masalahnya lumayan berat kalau saya keluar semua gambar dan RAB sementara harus menunggu semuanya terealisasi sampai unit rumah / perumahannya terjual. Tapi konsepnya menarik mas.

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s