Redesain Kamar Tidur Menjadi Comfortable


Selamat datang di blog pribadi saya sety4budi.wordpress.com. kali ini saya ingin mengulas tentang desain sebuah ruang tidur agar berfungsi secara optimal sebagai ruang istirahat. Semoga artikel tentang ruang tidur ini bermanfaat bagi anda. Aktifitas di perkotaan dan lingkungan kerja yang padat membuat kita penat dan bisa menimbulkan stress bila tidak diimbangi dengan aktivitas yang sehat dan istirahat yang cukup. Ruang tidur sebagai tempat istirahat utama membutuhkan perhatian khusus agar bisa berfungsi sebagai tempat istirahat yang optimal untuk mengembalikan stamina dan pikiran kita yang terkuras pada waktu kerja, sehingga di pagi hari pada saat kita bangun, bisa fresh dan siap untuk beraktifitas kembali. Untuk itu tidak ada salahnya bila anda mulai berpikir untuk merubah desain ruang tidur anda.

Ruang_tidur
Ruang_tidur


Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam remodeling kamar tidur adalah : biaya, ide, dan waktu. Sebagai contoh, jika anda ingin merombak kamar tidur anda, hampir pasti anda dan semua orang lebih menyukai jika waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut lebih lama, anda pasti lebih menyukai jika durasi pekerjaan tersebut adalah 2 minggu, bukannya 1 minggu. Hal lain yang menjadi pertimbangan dan berhubungan dengan biaya adalah: siapa yang akan mengerjakannya? apakah anda mengerjakannya sendiri, atau menyerahkannya pada pihak yang lebih professional dalam hal remodeling atau dekorasi ruangan. Jika anda menyerahkannya pada pihak professional tentu biaya yang dibutuhkan lebih banyak dibandingkan jika anda mengerjakannya sendiri.
Untuk merubah tampilan ruang tidur menjadi lebih segar dan tampilannya menjadi berbeda dari sebelumnya, mulailah dengan menentukan atau memilih kain, tekstur, warna, dan corak/pola yang berbeda dari sebelumnya. Untuk pekerjaan remodeling (merombak) yang sederhana, merubah posisi tempat tidur, window treatment (pola, model, dan warna kain gorden penghias jendela), menambah atau merubah posisi letak artworks/aksesoris sudah cukup untuk merubah tampilan kamar/ruangan menjadi berbeda dari sebelumnya. Bingkai lukisan juga bisa menjadi elemen penting yang dapat menimbulkan kesan berbeda pada ruangan.

Style interior ruang tidur juga berpengaruh pada nuansa yang diciptakannya. Bila ruang tidur tidak terlalu luas, anda bisa merubahnya dari yang bergaya classic dan didalamanya banyak bingkai foto atau bingkai lukisan model classic, penuh ukiran, ornament, dan berwrna keemasan, cobalah ganti bingkai-bingkai lukisan tersebut.. Ganti warna bingka-bingkai tersebut dari keemasan menjadi hitam polos, ganti model bingkai-bingkai tersebut dari yang penuh ornament dan ukiran menjadi polos dan bersih, jika anda sudah melakukannya, maka anda akan mendapatkan perubahan nuansa, suasana dan tampilan kamar tersebut, dari model classic menjadi lebih kontemporer.

ruang_duduk
ruang_duduk

Apabila ada ruang duduk di kamar tidur anda, dengan sedikit sentuhan anda dapat merubah imagenya menjadi lebih comfort, missal dengan menambahkan bantal kursi (cushion) pada sofa tersebut. Jika anda telah memiliki bantal kursi, ide yang mungkin dilakukan adalah mengganti cover/sarung bantal kursi atau sarung bantal ditempat tidur anda dengan warna dan pattern yang berbeda. Valances (kain gorden bagian atas), curtains (kain gorden yang menjuntai lebih memanjang kebawah), dan cornice (list plafond dengan motif/ukiran tertentu) juga merupakan elemen yang baik jika ingin merubah penampilan kamar/ruangan anda. Sebagian orang membayangkan atau menganggap bahwa penggunaan curtains, dan valance akan membuat penampilan ruangan terlihat classic, padahal kenyataan-nya tidaklah seperti itu. Dengan penataan yang tepat, maka kamar/ruangan anda juga bisa terlihat modern atau kontemporer.
Mengganti furniture lama yang dirasa sudah tidak match dengan selera anda juga bisa dilakukan dalam redesain kamar tidur anda. Misalkan anda memiliki lemari yang tidak terlalu bagus jika dibandingkan dengan meubel2 lain dirumah anda, anda dapat merubah lemari tersebut menjadi sama menariknya seperti meubel lain. Modifikasi dan berikan penampilan baru yang unik pada lemari tersebut, caranya bisa dengan mengecat ulang, membuat beberapa variasi warna, variasi material dan tekstur pada lemari tersebut.

Ruang_baca
Ruang_baca

Penambahan fungsi pada kamar tidur anda juga merupakan sebuah alternative desain. Misal dengan menambah ruang baca atau ruang rias, asal didesain dengan benar penambahan ini akan semakin mempercantik ruang tidur anda. Selain beberapa aspek desain diatas, pemilihan warna, pencahayaan, dan penataan furniture adalah kunci utama dalam kenyamanan ruang tidur.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s