Rumah Klasik (neoclassical) nan Mewah, Megah, Ekslusif


Selamat datang kembali di sety4budi.wordpress.com, semoga kebahagiaan selalu bersama anda dan keluarga. Dalam tulisan ini saya ingin membuka wacana tentang desain rumah klasik ( classic architecture style ). Walaupun belakangan ini kecenderungan peminat aristektur klasik tidak sebanyak style minimalis dan modern. Namun style arsitektur klasik ini tetap menarik untuk dibahas. Ok.. agar sub bahasanya tidak mengembang kemana mana, karena style classic ini banyak sekali ragamnya, seperti kolonial, victorian, queen anne,  Chateauesque, dll, pada wacana ini saya akan membahas fokus pada style neoclassical.

desain rumah neoclassical
desain rumah neoclassical


Untuk aplikasinya di Indonesia yang memiliki iklim tropis sebenarnya penggunaan konsep dan bentuk arsitektur neoclassical ini tidak begitu bermasalah. Kemiringan atap bisa dimodif bila dirasa terlalu curam, karena kemiringan atap bangunan eropa dipersiapkan musim salju pada musim dingin. Untuk detail arsitektural, banyak pengrajin yang mampu menghasilkan profil maupun detail klasik ini. Kendala utama mengapa style ini kurang populer adalah masalah budget. Dengan detail dan pernak pernik dalam style ini tentu memakai rupiah tiap meter perseginya. Tak heran jika yang mampu membangun rumah seperti ini adalah kalangan menengah keatas saja. Belum lagi masalah lahan, rumah seperti ini tentu hanya pantas di bangun dalam area yang luas. Tapi tidak ada salahnya bagi anda yang bekerja di kota besar dan ingin menyimpan uang anda dalam property, desain rumah ini bisa menjadi alternative desain bagi anda. Dengan mempunyai rumah seperti istana di daerah pinggiran, tentu menjadi kebanggaan tersendiri.

Style arsitektur neoclassical sangat kental dengan citra klasiknya. Bentuk jendela yang khas, detail arsitekturalnya dengan kombinasi warna utama warna gelap dan putih memberi kesan elegant, mewah, dan megah. Namun perlu diingat kunci sukses dalam menampilkan image ini adalah ukuran. Bila anda berencana membangun rumah dengan style ini saya sarankan membangunya pada tanah yang cukup luas, agar kesan luxury-nya bisa muncul. Style ini dipengaruhi oleh style arsitektur Roma dan Yunani, hal ini nampak pada detail dan penggunaan profilnya.

denah rumah classic
denah rumah classic

Bagaimana dengan layout ruanganya? tidak seperti rumah pada umumnya, rumah dengan gaya aristektur neoclassical banyak menggunakan bentuk segi delapan / enam / sepuluh di beberapa bagianya. Ruang besar dengan void dan tangga putar antara Foyer dengan Great room sangat kental dalam desain rumah klasik.

Sekian tulisan dari saya, semoga bermanfaat bagi anda sekeluarga. :)

About these ads

10 thoughts on “Rumah Klasik (neoclassical) nan Mewah, Megah, Ekslusif”

    1. Sebelumnya mohon maaf kalo jawaban saya tidak berkenan karena persepsi yang salah terhadap pertannyaan bapak Alek.
      Kalau yang Bapak maksud adalah struktur bangunan apa yang bisa dibangun disana, itu menyesuaikan dengan daya dukung tanahnya Pak. .Perbedaanya mungkin pada pondasinya, karena pada prinsipnya beban bangunan disalurkan oleh pondasi ke tanah. Sehingga pada penggalian tanah, kedalamanya harus mencapai lapisan tanah yang keras.
      Semoga jawaban saya berkenan, salam..

      Like this

  1. Mas sampeyan bisa mborong di Semarang? Sampeyan sub-kontrakkan ato kerjakan sendiri? Berapa harga borongan per m2-nya? Mohon respons.

    Like this

    1. Siap mas, kalo hitungannya masuk siap aja ngerjakan di semarang, mohon maaf mail saya koq failure terus ya waktu ngirim messege ke mail Bapak. G enak mo tawar2an harga di sini :D

      Like this

  2. Pak, maaf sy ingin bertanya2 + ada rencana u/ membangun rumah tipe neo clasical di lahan seluas 4000 m2.
    Bisa email saya supaya kita bisa lebih gampang u/ berkomunikasi.
    Sy tunggu email nya di : vonna.cheung@gmail.com

    Terima Kasih

    Like this

  3. mas mau tanya,bangunan lama sdh di renovasi bangunan tdk berubah hanya lansekap saja untuk fungsi teras dpn r tamu (cantilever) atap pake asbes bila ingin tampak tetap baik abes diganti dengan genteng aspal caranya biar nyambung atap induk trimakasih mas

    Like this

  4. I have been exploring for a little bit for any high-quality articles or weblog posts on this kind of space . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this site. Reading this info So i’m satisfied to express that I have a very just right uncanny feeling I discovered exactly what I needed. I most indubitably will make sure to do not put out of your mind this website and give it a glance on a continuing basis.

    Like this

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s