Rumah Mungil type 36


Selamat datang kembali di blog pribadi sety4budi.wordpress.com. Semoga kebahagian selalu menaungi seluruh anggota keluarga anda.

Pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba mengulas tentang desain sebuah rumah tinggal type 36. Ukurang yang tidak begitu luas menjadikan tantangan khusus bagi arsitek / desainer untuk menciptakaan ruangan yang nyaman, sehat, dan dapat berfungsi sebagai hunian yang layak. Ok.. berikut ini adalah sebuah desain rumah mungil type 36 yang saya ambilkan dari referensi desain rumah pribadi saya. Desain ini saya buat pada waktu pasca gempa DIY 2006. Dimana saat itu saya diberi kesempatan menjadi fasilitator teknik di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.



Desain rumah tersebut terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan yang menjadi satu dengan ruang keluarga, dan 2 kamar tidur. Ruang tamu dan ruang keluarga menjadi satu kesatuan yang dipisahkan oleh partisi non permanent, karena di Yogyakarta / Jogja acara hajatan, silaturahmi keluarga, ataupun arisan trah masih sering dilakukan. Budaya di kekeluargaanya masih kental. Untuk itu partisi non permanent dapat di pindah sewaktu waktu bila ada acara dirumah yang membutuhkan ruangan cukup besar. Berikut adalah gambar dalam ukuran lebih besar sebagai referensi desain bagi anda.

Denah rumah mungil type 36
Denah rumah mungil type 36

Gambar 1. Denah Rumah Mungil type 36

tampak depan
tampak depan

Gambar2. Tampak Depan Rumah Mungil type 36

Untuk mencapai kenyamanan penghuni di dalamnya, beberapa aspek penting yang perlu di perhatikan dalam pembangunan rumah mungil adalah :

  • Penghawaan, mencakup jalur sirkulasi udara, ventilasi ( cross ventilation apabila memungkinkan ).
  • Tata ruang dalam, mencakup penataan furniture, desain furniture, dan penggunaan warnanya.
  • Pencahayaan, mencakup jalur ventilasi untuk menyinaran natural ( natural light ), penggunaan warna, dan penempatan titik lampu.

Untuk estimasi biaya tiap daerah satu dengan daerah lain mempunyai HSP ( harga satuan pekerjaan ) yang berbeda. Karena upah pekerja di satu daerah dengan daerah lain berbeda beda, harga materil tertentu juga ada selisih harga. Misal di yogyakarta / jogja harga bangunan tersebut dapat dihitung sebagai berikut :

Dengan asumsi borongan permeter 1.5 juta, maka harga bangunan tersebut

= 36 x 1,5 juta

= 54juta.

harga tersebut merupakan perkiraan kasar, banyak hal yang mempengaruhi biaya konstruksi. Untuk lebih detailnya mintalah bantuan arsitekĀ  untuk menghitung anggaran biayanya. Karena dengan jasa aristek, akan dihitung secara detail tiap satuan pekerjaan.

Sekian tulisan dari saya, semoga bermanfaat bagi anda semua. Salam..

About these ads

45 thoughts on “Rumah Mungil type 36”

  1. bener sekali, didaerah yang masih kental nuansa kekeluargaannya seperti kami ini, selalu butuh ruangan yang multifungsi sementara kemampuan untuk membangun kecil jadi butuh desain rumah yang multifungsi dan efisien serta yang terpenting bisa melakukan penghematan besar dalam keuangan ( hi hi hi maklum keuangan sepet…)

    Like

  2. Yup.. disitulah tantangan membangun rumah mungil. Bagaimana mewadahi aktivitas penghuni yang beraneka ragam dalam rumah tersebut. Mksh dah mampir di blog ini :)

    Like

  3. Bos.. alhamdullilah, ini ada rejeki dikit lha setelah proses pembayaran rumah type 36 masih orisinil… rencana teras depan mo tak tambahin.. gambar aku kirim ke FB yach.. kalo depan samping kanan mo dibuat taman anggrek oleh isteri trus depan kiri mo tak buat kantor… lha rencana yang tengah mo tak bikinin kaya joglo gitu.. kira2 mnarik nggak bos.. , makasih

    Like

  4. Bisa desain ruko yang di bagi dua gak antara rumah di pisahkan dengan beranda dan sedikit taman luas tanah abdi sekitar 265 m dengan blakang membentuk huruf L ,tolong diposting aja biar irit heehe :D

    Like

  5. kenapa rumah sederhana tidak memikirkan letak dapur & mck, kebanyakan mck diletakkan diantara kamar yang tidak memiliki penghawaan langsung keluar…. apakah itu bisa disebut penghawaan yang baik? dapur biasanya ditempatkan diluar bangunan/tidak pada wadah yang disediakan,karena memang tidak disediakan oleh perencana… untuk kasus ini bgmn?

    Like

    1. Memang sebaiknya WC dan dapur memperloleh penghawaan langsung dari luar. Paling tidak boven kecil agar sirkulasi udaranya dapat mengalir dengan lancar. Namun saat ini mengingat mahalnya lahan apalagi di perkotaan, apabila tidak memperoleh penghawaan langsung dari luar pada dapur bisa diberi penyedot asap, dan pada KM / WC bisa di beri exhaust. Terimakasih

      Like

  6. Wah lumayan nih Pak, saya orang awam soal beginian tapi saya baru saja beli rumah dgn LT 135 m dan LB type 36. Bangunan sudah mau bobrok nih Pak jadi harus di renovasi. Apakah saya bisa konsultasi dengan Bapak dan kira2 berapa biaya untuk konsultasinya nih Pak mengingat anggaran atau budget saya limited nih. Thanks Pak :).

    Like

    1. Konsultasi gratis Sis Nadia, kalau ingin ngobrol bagaimana tentang proses kerja arsitek dan beberapa problem tentang rancang bangun silahkan hubungi saya. Alamat ada di halaman contact. Teriamakasih telah mampir di blog saya..

      Like

  7. pak saya berniat ngedak garasi seluas 60 m2. hanya ngedak aja dulu, sedangkan pembangunan selanjutnya dilaksanakan nanti bertahap. kira2 dengan harga material bahan bangunan tahun 2010 ini, perkiraan kasar butuh beaya berapa ya pak? mohon sharing…………..matur nuwun

    Like

    1. Beberapa hal yang perlu di catat dalam struktur konstruksi 2 lantai adalah pada pondasi dan dimensi kolom strukturnya. Kalau Mas Endro sudah menyiapkan pondasi footplate dan dimensi kolom yang cukup, berarti proses pembuatan plat lantai tinggal menyiapkan balok lantai dan plat lantainya. Untuk menghitung anggaran balok lantai saya tidak bisa menghitungnya tanpa melihat bentuk grid strukturnya terlebih dahulu. Untuk biaya plat lantainya saja jawaban sudah saya mailkan.

      Terimakasih telah mampir di blog saya :)

      Like

  8. Siang pak…
    pa,aku insyaallah mau bangun rmh..luas tanah ku 81 ( lebar 6m, panjang 13m ) mau dibikin type36 tapak ya persegi tp kontur tnah ya aga naik pa..
    baik y dibkn bagaimana y pa?kbthan nya std 2 kmr tdr,kmr mandi ruang tamu,dapur dan taman blkg..
    biaya konsul nya brp ya pa??
    tengkyu…. =)

    Like

  9. Mlm mas/pak..hehe..
    saya andin, rencana saya ambil rumah tipe 36/214 m2 letak hook (BTN), dan desain awal rumah tersebut seperti gambaran bpk diatas, dengan tambahan WC/Toilet diluar..
    kalo tipe 36 itu bisa ga pak dibuat denah dalamnya itu, antra ruang tamu dan ruang tengah tidak tergabung.. hehe… soalnya pengalaman waktu kecil, kalo ada tamu saya dan kk saya ga bisa ngapa”in, kecuali didalam kamar.. hehe, jadi kyk terkurung di rumah sendiri…:)

    Trus kalo nambah dapur dan 1 kamar mandi kira” butuh biaya brp yah pak kisarannya? terima kasih banyak infonya…:)

    Like

    1. salam kenal mbak andin ;)
      wah keren nih dah punya rumah sendiri.. untuk merubah tata ruang dalam bisa koq makai barang2 yang tidak permanent. Misal agar aktivitas di ruang keluarga tidak kelihatan dari ruang tamu bisa ditambah partisi dari gypsum.. atau calsiboard.. atau biar lebih murah lagi pakai saja almari tv, kan malah multifungsi itu, selain sebagai sekat juga berfungsi sebagai display di ruang keluarga. Nah skarang kan ndak terkurung di dalam kamar lagi kalau ada sekatnya ^_^

      Hmm.. kalau nambah dapur n kamar mandi biayanya relatif sih, tergantung desainya, soalnya luasnya brapa nanti sama material yang dipakai apa saja kan berpengaruh sama biayannya nanti.. Mbak andin bisa bayangkan kalau dapur kan banyak pernak perniknya.. keramiknya mau memakai apa, kompornya memakai apa, kitchen set nanti pakai material apa.. banyak bgt macamnya. Kamar mandi juga, kran ma shower nya makai merk apa, keramiknya mau pakai yang bunga2 atau yang polos, mau pakai bak atau tidak. Hmm,, kalau sekedar untuk perkiraan ( untuk fisiknya tanpa accessoris ) bisa pakai hitungan luas bangunan x 1,6 juta nanti ketemunya di tambah pakai accessoris apa aj gtw.. semoga jawaban saya membantu. Ty.

      Like

  10. Pak, saya ada tanah 100 m2, kalo mau bangun rumah type 45 atau 36 estimasi biayanya berapa di tahun 2010 ini? dengan desain yang sederhana. kalo ada info mengenai pembelian material secara kredit alias bisa di cicil itu bagaimana prosedurnya maklum saya belum menikah, tp ada niat mau bangun rumah dulu sebelum menikah.
    terima kasih.

    Like

    1. Perhitungan kasar untuk biaya konstruksi dengan spesifikasi sederhana saat ini 1,6-1,8 juta mbak yani, tergantung lokasinya. Kalau untuk pembelian material secara kredit urusanya dengan pihak bank nanti, dari kita bisa membantu gambar, spesifikasi, dan anggaranya nanti. Terus butuh pihak kontraktor yang bertanggung jawab dalam proses pembangunanya. Deal atau tidaknya nanti bank yang memutuskan. Trimakasih.

      Like

  11. siang pak, saya baru beli rumah tipe 41/82..model rumahnya tanpa genting karena diperumahan tersebut yang 1 lantai sudah didak semua jadi siap 2 lantai. yang ingin saya tanyakan :
    1. untuk ke depannya rencannany akan dbuat 2 lantai, apakah harus sudah ada rancang bangunan sebelum rumah dibuat? sebab suami ingin ditengah rumah dari lantai atas bisa lihat ke bawah (maaf saya tidak tahu namany apa)
    2. pada saat pembangunan rumah, agar tidak terjadi retak pada dak beton, apa yang harus benar2 diperhatikan baik segi material atau pun pelaksananny..
    terima kasih

    Like

    1. Wah slamat mbak mey atas rumah barunya. saya coba jawab pertanyaan mbak mey ya.. hmm..

      1.
      - masalah perencanaan lantai 2 nya sebaiknya dilakukan mbak, soalnya dindingnya nanti butuh menumpang di balok lantai, dimana balok tersebut dibuat pada integrated dengan dak. Tapi misal sudah didak solusinya nanti bisa pakai partisi gypsum atau kalsiboard ringan dan tidak memerlukan tumpuan khusus.

      - untuk istilah area yang digunakan melihat kebawah mungkin yang dimaksud adalah void.

      2. asal penulangan, campuran dan proses pembuatanya sesuai prosedur tidak akan retak mbak, kalau pandangan saya yang perlu diperhatikan khusus pada rumah mbak mey adalah keawetan dak pada saat menunggu lantai 2 dibangun. Kan itu kena air dan panas terus menerus dalam waktu yang lama, nah perlu treatment khusus itu mbak.

      sekian mbak, terimakasih atas kunjunganya.

      Like

    1. gambar ini dulu tidak disetting untuk dijadikan 2 lantai, tp dengan sedikit modif saya rasa bisa saja, yang perlu mendapaat perhatian khusus adalah letak tangganya, karena tangga memerlukan space yang cukup.

      Like

  12. Pak saya brusan ambil KPR cma masih proses untuk uang muka LT 140 m(10×14),LB 36m,saya ingin model rumah nanti beda dri yg developer kasih (yg dikasih develop persis dgnayang didesain p. Budi)saya maunya posisi R.tengah itu di pakai buat Kmar tidur ,dan kamar tidur satunya dipakai buat R.tengah,plus minta desain yg lain buat tambahan tanah saya spya ntar pada saat ada rezeki sya tinggal bangun yg lain.

    Like

    1. semoga prosesnya berjalan lancar mbak.. mungkin yang mbak juli maksud ingin membangun rumah tumbuh begitu ya? Untuk masalah itu tergantung kebijakan developernya sih, kalau boleh bawa desain dari luar mungkin niat membuat rumah yang beda dari sebelah2nya bisa terealisasi. Kalau pandangan saya rumah dengan ukuran 36m2 untuk jangka panjangnya perlu diperluas, kalau ada anak2 besuk kan mentuntut space yang lebih luas, akan lebih bagus jika direncanakan dari sekarang sehingga besuk kalau ada dana tinggal merealisasikan apa yang ada di dalam gambar.

      Semoga jawaban saya membantu, matursuwun sudah mampir..

      Like

  13. Dik rumah lg saya renov sesuai desain yang dulu tapi ada yang kurang menurut saya masalahnya tinggi jendela gendong (2.10 cm )dan kusen pintu (2.10 cm ) saya bikin sama enaknya gimana yaahh,..
    trus untuk teras yang sisi pojok kanan saya tidak pasang tiyang pantes ngak yaa,..

    Like

    1. Waduh mas kok malah dugi mriki.. Inggih mas, pintu jendela standaripun 2,1 m, menawi badhe didamel inggil ingkang pintu toko lantai setunggal kemawon. Masalah teras / balcon wonten ing gambar winggi kulo damel nggantung / cantilever, menawi ditambah tiang malah nambahi beban. Suwun..

      Like

  14. Siang Pak…Sy berencana ngedak carpot ukuran 3×8 apakah biaya ngedak dan biaya bangun rmh per m2 nya sama seperti estimasi bapak 1,6jt? biaya tsb diluar tukang ya…Apakah ngedak itu harus jadi dalam satu hari?dibutuhkan berapa tukang agar selesai dalam 1 hari?? apakah bisa minta perkiraan besi berapa lonjor ukuran berapa? semen brp saK? pasir berapa dam? terimakasih banyak Pak. Blognya sangat bermanfaat,sering sy kunjungi so update terus nggih…suwun

    Like

    1. Untuk konstruksi 2 lantai estimasi biaya dengan spesifikasi material medium untuk daerah jogja 2 jutaan per meter persegi. Untuk prosesnya iya harus selesai 1 hari agar cornya Kalau untuk kebutuhan besi, tenaga, semen, pasir biar dihitung sama pemborongnya saja, kalau saya hitungkan nanti pemborongnya seneng banget mas.. dah dapat job, tidak susah2 lembur menghitung kebutuhan materialnya :(

      Like

    1. Salam kenal mas joko.. untuk renov tanpa mengetahui kondisi dan apa saja yang mau direnov susah memperkirakan anggaranya mas. Saran saya cari arsitek terdekat di kota mas joko saja. Ty.

      Like

  15. mas slm kenal.rencana saya mau ngembangin rumah yg luas tanahnya 102 pnjng 15 lebarnya 6,8.adagambarnya ngk mas saya mau contoh.rencananya saya mau bkn kamar tidur 2 bh skln kmr mandi didlmnya,ruang tamu,ruang klrg,dapur,tmpt cuci skln tmpt jemurnya.kl bs saya mau dapurnya didepan mas bair ada 2 pintu masuk kedlm mas.trima kasih sblmnya mas

    Like

  16. assalamu’alaikum….
    saya memiliki tanah dengan panjang/luas 8 m dan lebar 6 m
    saya ingin membuat rumah tampa taman dengan 2 kamar tidur
    kira-kira bisa tidak ya saya dibantu membuat denahnya
    trimakasih

    Like

  17. ass.mas….saya mau tanya ni…
    saya mau renovasi rumah mas….
    rumah saya type 36 dengan ukuran tanah 12m x 10m
    boleh tolong minta desain gambarnya nya mas….

    mohon bantuannya….

    Like

  18. met siang mas budi,mo tx mas sy mau bikin rumah minimalis ukuran 6.5×12 bisa minta tolong ukuran kusen jendela dan kusen pintu (ukuran standarnya)..terima kasih.

    Like

  19. Pak, saya mo bangun rumah tipe 36/72. Saya mau ngeborong mandor sama pekerja.Kira-kira upah borongan mereka berapa dengan jangka waktu berapa lama pak?Thx

    Like

  20. Ass Pak,mau tnya nih. Sy ada rmh tipe 36 dg luas 72. Sy ingin tipe minimalis dg kebutuhan ruang 2 kmr tdr,ruang tamu,ruang klg,dapur,kmr mandi dan sdkt ruang utk taman kecil d blkg rmh. Bagman y desain yg tepat utk rumah sy tsb agar ttp trlihat luas dg ruang2 tsb. Mgkin ruang tamu d buat seminimalis mgkin mengingat penggunaannya yg tdk tll dominan. Thx atas sarannya

    Like

  21. Selamat malam
    Saya adlh warga Bantul, punya rencana utk renovasi dapur. Tp saya kesulitan utk mendesign bentuknya. Apakah memungkinkan utk saya bisa berkonsultasi langsung agar bisa lebih jelas?
    Terima kasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s